SUARA INDONESIA BUKIT TINGGI

KPU Kota Bukittinggi Gelar Debat Publik Perdana Untuk Paslon

- 15 November 2020 | 16:11 - Dibaca 1.44k kali
Politik KPU Kota Bukittinggi Gelar Debat Publik Perdana Untuk Paslon
Ilustraasi Debat publik Perdana Paslon Wako dan Wawako Bukittinggi

BUKITTINGGI - Gelar Debat publik pertama antar pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, Sabtu malam (15/11) berlangsung dengan baik walaupun iklimnya agak memanas tapi bersahabat. 

Notabene dari ketiga paslon yang maju ke Pilkada Bukittinggi tahun 2020ini, dua diantaranya merupakan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi terpilih periode 2016 - 2020 lalu.

Nomor urut pertama merupakan paslon Ramlan – Syahrizal, nomor urut kedua Erman Safar – Marfendi, dan diposisi ketiga ditempati oleh Irwandi – David Khalik.

Tepat pukul 08.00 Wib acara debat publik dimulai, dan akan berlangsung selama 120 menit termasuk iklan yang disediakan oleh KPU Kota Bukittinggi.

Pada menit pertama dibuka dengan penyampaian Visi Misi masing-masing paslon, lalu dilanjutkan dengan pendalaman Visi Misi tersebut. Sesi ini berjalan cukup santai, tiap-tiap paslon dengan lancar menjawab pertanyaan yang dilontarkan moderator.

Selanjutnya, masuk kepada inti acara yang ditunggu-tunggu yaitu debat politik. Tema yang diperdebatkan diantaranya adalah:

Pertama. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kedua.Memajukan daerah, Ketiga. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Keempat. Menyelesaikan persoalan daerah, Kelima. Menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah, dan yang Keenam. Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan.

Pada sesi ini, tiap paslon melontarkan pertanyaan demi pertanyaan kepada paslon lain seputar tema dan visi misi yang diperdebatkan. Cukup panas memang, tak disangka dengan gaya politiknya masing-masing, pengamat maupun masyarakat yang menyaksikan acara ini tentu saja bisa menilai, kepada siapa hak suaranya nanti berpihak.

Kota Bukittinggi merupakan kota padat penduduk, dengan luas wilayah 25 Kilometer Persegi, yang terbagi atas 3 Kecamatan, dan 24 Kelurahan. Dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 77.656 orang yang terbagi atas perempuan sebanyak 39.625, dan laki-laki sebanyak 38.031 orang.

Selanjutnya pada Pilkada 2020 yang berlangsung pada (09/12/2020 ) mendatang , seluruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kota wisata ini akan memberikan hak suaranya di 233 Tempat Pemunggutan Suara (TPS).

Sebelum sesi debat publik ini ditutup, tiap paslon akan menyebutkan kebijakan apa saja yang akan Ia lakukan bila mana terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi periode berikutnya mengenai pengendalian Covid-19.

Debat publik dan ini nantinya akan menjadi pengaruh besar untuk masa depan Kota Bukittinggi dalam periode berikutnya, sebab disinilah masyarakat menilai siapa yang pantas menjadi pemimpin untuk Kota Bukittinggi. Namun untuk debat publik kedua akan dilanjutkan pada hari Minggu, (22/11/2020 ) mendatang. 

Reporter :Edwarman 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya